2 Tahun Terbang Bersama CloudKilat

Halo teman-teman yang sampai saat ini masih tetap #dirumahaja semoga sehat selalu dan semuanya baik-baik saja.

Untuk mengisi kekosongan mending sambil cerita pengalaman 2 Tahun Terbang Bersama CloudKilat. Walau sebenarnya sudah hampir 5 tahun berlanggan layanan dari CloudKilat, sejak dari tahun 2015.

5 tahun untuk semua layanan pribadi, 2 tahun untuk layanan pelanggan (Mereka yang tidak mau riber mengelola Domain / Hosting :)). Mulai dari Kilat Domain, Kilat Hosting, Kilat Storage (s3) sampai Kilat VM versi sebelumnya. Sudah saya cicipi.

Ada satu layanan yang sampai saat ini masih belum kesampaian untuk mencobanya, yaitu Kilat Iron. Pada saat awal-awal diluncurkan, mereka memeberikan kesempatan uji coba gratis. Cuman mungkin karena kurang pengetahuan dan tidak ingin memperdalami, hanya mentok dibagian Dashboardnya saja hihi.

Awal mula tertarik dengan CloudKilat karena rekomendasi dari blog favorit kala itu, sampai saat ini nampaknya masih eksis saja.

Setelah mendapat rekomendasi tidak berlama-lama langsung mencoba Kilat Hosting yang sampai sekarang tidak ada perubahan Harga maupun Sepesifikasi (ditampilkan).

Rp. 50.000 (Kilat Hosting)

  • Kapasitas Penyimpanan 10GB
  • bandwidth tanpa quota
  • Domain & Subdomain
  • Akun email dan
  • Database MySQL tak terbatas.

Kilat Hosting Menggunakan Control Panel: Parallels Panel.

Tentunya belum saya jumpai di penyedia hosting pada umumnya yang kebanyakan menggunakan CPanel dan Plesk Obsidian sejenisnya.

Kilat hosting dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Railgun dari Cloudflare melalui Panel maupun manual melalui dashboard Cloudflare langsung. Tapi saya lebih suka melalui Dashboard Cloudflare.

Railgun berfungsi untuk pengoptimalan jaringan sehingga website bisa cepat diakses.

Setelah terbiasa dengan Parallels Panel serta tidak ada kendala alias masalah yang berarti selama berlangganan, mulai Tertarik dengan layanan Kilat Storage.

Rp. 30.000 ?

Kilat Storage, semacam layanan penyimpanan berbasis obyek yang mendukung penuh protokol S3 (Simple Storage Service).

Sejauh ini masih sama belum ada perubahan soal Harga, hanya ada sedikit perubahan pada kapasitas penyimpanan yang dulunya Rp. 30.000 berkapasitas 10GB kini menjadi 25GB.

Kilat Storage tidak memerlukan Hosting maupun VPS karena merupakan layanan terpisah yang dikhususkan untuk penyimpanan berkas.

Oia, dulu endpoint kilat storage adalah kilatstorage.com sekarang berubah menjadi s3-id-jkt-1.kilatstorage.id.

Selalu menggunakan DragonDisk untuk mengaksesnya. Mungkin karena selera dan pertama kali diperkenalkan dengan Client S3 ya DragonDisk.

Kilat Storage saya gunakan untuk menyimpan file statis untuk kebutuhan website, mulai dari css, javascript dan foto bahkan tempat untuk mencadangkan dan mengamankan file-file yang ada dikomputer.

Tips: apabila kamu ingin menghubungkan Kilat Storage dengan WordPress coba Install Media Cloud oleh Interfacelab. Dengan plugin ini kamu bisa menyalin / backup dan upload foto, video dan file lainnya langsung ke Kilat Storage. Teradapat pilihan untuk menyimpan salinan file yang di upload kedalam hosting.

Kilat Domain

Hampir semua layanan yang ada dicobain, saatnya bergeser ke Kilat Domain untuk memesan domain baru. Bahkan ada beberapa domain yang saya migrasikan ke CloudKilat.

Migrasi dilakukan hanya ingin mengelompokan pada satu tempat saja.

Fasilitas yang diberikan pada panel domain sangat mencukupi kebutuhan untuk mengelola nama domain. Mulai dari DNS management, Add on ID Protection untuk mengamankan kontak pemilik domain, Pembuatan Private Name Server dan masih banyak lagi.

Tapi sayangnya untuk domain berekstensi .ID, .WEB.ID dan sejenisnya pada pengelolaan DNS tidak tersedia AAAA (IPv6) record. Mungkin, ini berlaku di semua penyedia domain lainnya. Khususnya untuk domain .ID.

Kilat VM (VPS)

Sempat juga memesan Kilat VM (VPS). Kilat VM saya gunakan hanya untuk bahan uji coba saja. Banyak pilihan OS linux, CentOS, Ubuntu dan Debian.

Memilih OS Ubuntu pada paket XXS, ketika mengkases melalui terminal Web Server Apache sudah terpasang secara otomatis.

Hanya pemesanan awal, selanjutnya tidak saya perpanjang. Seperti yang disebutkan di atas “Hanya untuk Uji Coba”. Selebihnya Kilat VM ini cukup tangguh. Tapi kalau ada rezeki boleh dicoba lagi dong.

Apa yang Baru dari CloudKilat?

Nampaknya mencium aroma-aroma sedap. Ada layanan baru bernama Kilat Backup. Apa lagi nih? pokoknya wajib dicoba tapi masih dalam rencana.

Oia, sampaikan lewat kolom komentar ya. Ada yang tau ga kenapa dari dulu sampai sekarang CloudKilat tidak pernah merubah atau memperbarui Halaman depan website mereka? apakah sengaja atau gimana.

Mungkin itulah pengalaman saya selama 2 Tahun Bersama CloudKilat. Lumayanlah bisa mengisi kekosongan hati ini…. Upsssss…. 🙂

Ngomong-ngomong apa yang kalian lakuin selama harus #dirumahsaja ?

Menghemat Pengeluaran dengan Flip

Mumpung harus #dirumah aja mending sambil nyari cara untuk menghemat pengeluaran. Salah satunya dalam hal transfer men-transfer uang. Bertemulah dengan aplikasi yang bernama Flip di play store.

Dimana dengan Flip kita dibebaskan dari biaya transfer alias gratis khususnya transfer antar bank. Rata-rata penggunanya memberikan komentar positif terhadap aplikasi ini. Sempat ragu, tapi untuk menghilangkan keraguan ini mending langsung coba saja.

+ simpan dan buat transaksi lagi

Untuk mengirim ke banyak rekening sekaligus.

ok data sudah benar

Kalau dirasa data sudah lengkap dan benar saatnya transfer uang.

Proses percobaan transfer ini dilakukan dari Bank BNI ke Bank BRI. Hanya perlu beberapa menit hingga proses transfer berhasil. Dan Taraaaaa…. Kamu telah menghemat Rp. 6.500.

Kode unik otomatis masuk ke saldo Flip yang nantinya bisa di cairkan ke rekening pribadi atau membeli produk yang tersedia. Mulai dari beli pulsa, paket data dan masih banyak lagi.

Jadi pas dong Flip ini digunakan untuk Menghemat Pengeluaran. Baik dimasa-masa saat ini maupun dimasa yang akan datang. Karena pribahasa ini sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit masih berlaku.

Fotografer di Plateau Atelir, Kala itu

Sedikit berbagi pengalaman, kala itu pernah menjadi bagian atau menjadi Fotografer di Plateau Atelir. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata Fotografer ialah Tukang Potret / Juru Foto. Jadi enggak ada masalah dong.

Ada dua, Plateau Atelir dan Plateau_ID. Apa yang membedakan? Plateau_ID berfokus pada pemotretan Pertunangan, Wedding dan Prewedding. Sedangkan Plateau Atelir berfokus pada pemotretan didalam ruangan atau Studio.

Beralamatkan di Jl. Pahlawan No. 55, Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, Garut. Lokasinya sangat berdekatan dengan Kantor Satpol PP Garut atau disekitaran kawasan Pemerintah Daerah.

Contoh Foto Wedding, Prewedding dan Pertunangan

Foto Pertunangan Oleh Plateau_ID
Foto Wedding oleh Plateau Atelir
Foto Prewedding oleh Plateau Atelir

Contoh Foto Studio

Foto Studio Oleh Plateau Atelir

Plateau Atelir sangat identik dengan warna kuning. Set dengan latar kuning banyak diminati bahkan disampaikan melalui logonya.

Entah bagaimana dan apa maknanya dari warna kuning ini. Mungkin nanti kita tanyakan langsung sama yang bersangkutan. Maksudnya sama suhu-suhunya.

Nah Jadi, Kalau kamu membutuhkan jasa atau vendor foto Wedding, Prewedding dan Pertunangan bisa langsung menghubungi @plateau_id. Sedangkan yang berkaitan dengan studio foto dengan banyak pilihan konsep / tema bisa menghubungi @plateau.atelir.

Apakah saat ini masih menjadi Fotografer di Plateau Atelir?

Sudah Tidak, walau tidak percaya sama kebetulan tapi kebetulan untuk saat ini sedang berjalan ditempat sendiri hehe. Tapi karena semua yang ada disana teman bahkan sudah dianggap keluarga jadi masih seringlah main atau sekedar mampir ke studio.

Tautan

Tak kenal maka tak sayang! maka dari itu di follow dulu Instagram @akbaryaum biar enggak terlalu tegang. Apalagi kalau sampai kejang-kejang :). Cuma banyak nampilin hasil jepretan. Yaealah masu hasil apa lagi.

Facebook Saya Terkunci, Sayang Kalau Sampai Dibuang

Sempat Terkunci, tapi kini Facebook Lama Aktif Lagi. Jadi sudah lama tak terjamah mungkin sudah berdebu. Enggak ada angin enggak ada hujan tetiba saja akun Facebook saya terkunci. Sekitar 1-2 tahun terbengkalai.

Ketika Facebook saya terkunci tidak diam begitu saja mencoba dan terus mencoba, bahkan mengikuti langkah-langkah bantuan dari Facebook tetap saja gagal. Menggunakan kode login yang dikirim ke Email yang terdiri dari 6 angka juga gagal.

Cuma mentok di halaman dialog Diperlukan Autentikasi Dua Faktor. Walaupun berhasil dengan memasukan ke 6 digit kode lalu diminta memasukkan Kata Sandi Baru, tetap saja akun Facebook saya terkunci.

Padahal itu akun sudah lama banget aktif. Kalau tidak salah lagi, dibuat sekitar tahun 2011 yang lalu. jadi, pastinya sudah banyak banget kesah keluhnya. Di tahun-tahun itu pas banget dimana masa pubertas bergejolak.

Bayangin, tiap pagi, siang, sore sampai malem ehhh… malem agak kurang HP jarang banget jauh dari tangan. Dikit-dikit buka hape mantengin Facebook. YouTube sama Instagram belum seramai seperti saat ini. Jadi sudah banyak banget baik Status, Foto dan Video yang di unggah ke Facebook.

Bahkan, masih ada lah galeri foto bareng doi (private). yaaaa… Namanya juga masa kanak-kanak wajarin aja.

Mungkin memang sudah rezekinya kali ya, Baru ingat kalau di HP terinstal Mesengger (lite). Untungnya username sama password masih ingat, tapi di Mesengger bisa login dengan sempurna. Pergi ke menu Pengaturan Akun (Informasi Pribadi) pada Roda Gigi.

Beruntungnya Akun Facebook saya yang terkunci ini belum terhubung ke Nomor Hand Phone manapun. Mencoba memasukkan nomor hand phone baru. Facebook mengirim 6 digit kode melalui sms.

AJAIB!

Dengan ke 6 digit kode yang dikirim melalui sms ini saya berhasil login kembali ke Facebook. Kini bisa berFacebookria lagi.

Siapa tau ada yang mempunyai masalah yang sama bisa mencoba langkah-langkah di atas atau otak-atik Mesenggernya atau otak-atik Aplikasi yang tertaut dengan facebook atau dan atau dan atau seterusnya hehehe….

Sudah aktif ini, bebas dong bikin status baru. Tambahkan sebagai teman kalau memang KAMU SUKA.

Awet juga ini Cover menghiasi. Dipostingan selanjutnya insyal allah bakal nampilin beberapa foto / video yang ada di akun ini yang memang sama-sama sayang banget kalau sampai dibuang. Lihat aktivitas saya di Instagram.

Yaumil Akbar

19 Maret 2020

Iseng-iseng buka menu Instagram ketemu dengan fitur Aktivitas Anda. Dengan alat ini kita bisa tahu seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berinstagramria. Hasilnya 17 Menit di Instagram rata-rata harian.

Yas, Instagram jarang banget dibuka dan memang bukan anak sosmed banget hihi. Pling cuma lirik-lirik story doang sama feed paling teratas.

Nah, berapa lama kamu menghabiskan waktu di Instagram? sampaikan lewat komentar ya. Jangan lupa di follow dulu @akbaryaum.

Yaumil Akbar

19 Maret 2020

Halo pendengar setia radio medina 105.3 FM Garut (atau punya sebutan Insan Medina!). Kalau teman-teman ingin mendengarkan secara online atau streaming bisa melalui Online Radio Box.

Berikan ulasan dan peringkat disana.

Atau download langsung file M3U XSPF dan OGG supaya bisa didengarkan dimanapun dan kapanpun melalui perangkat teman-teman.

Sekilas tentang Radio Medina FM Garut ialah Radio Berita Kesehatan, Musik dan Hiburan lainnya. Tentunya Radio #1 di Garut.